Buku ini mengandung pesan bahwa pembinaan ideologi Pancasila, khususnya bagi generasi penerus, sejatinya merupakan tanggung jawab yang harus dipikul bersama, secara bergotong royong, demi terwujudnya kehidupan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila. Pengaktualisasian Pancasila dalam kehidupan sehari-hari memang diyakini mampu mewujudkan negara Indonesia yang lebih baik
Buku Panduan Guru ini mengingatkan kembali pada tujuan mata pelajaran yang berorientasi penguatan karakter dan wawasan kebangsaan. Penguatan itu dilakukan melalui pembentukan sikap mental, penanaman nilai, moral, dan budi pekerti dengan harmonisasi aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan, serta menekankan pada sikap kekeluargaan dan bekerja sama pada proyek belajar kewarganegaraan. Dike…
Buku Panduan Guru Sosiologi untuk SMA/MA Kelas XII ini menyajikan materi dan berbagai aktivitas pembelajaran sosiologi sesuai amanat Profil Pelajar Pancasila. Oleh karena itu, materi dalam buku ini tidak hanya menekankan aspek pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga pengembangan karakter. Penanaman karakter yang mencerminkan enam elemen nilai-nilai Pancasila serta kecakapan Abad 21 dibut…
Buku ini akan membahas materi mengenai isu-isu global seperti, perubahan sosial, globalisasi, modernisasi, dan dunia digital. Pengetahuan tersebut dibutuhkan peserta didik agar mampu bersikap responsif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan sosial pada masa kini dan mendatang. Buku ini juga menyajikan materi tentang pemberdayaan serta evaluasi pemberdayaan
Buku Guru Ekonomi untuk Kelas XII ini disusun berdasarkan capaian pembelajaran dari kurikulum merdeka belajar, dimana peserta didik diarahkan untuk secara mandiri dan terbimbing dalam menentukan pembelajaran yang didapatkannya di kelas. Pembelajaran yang dirancang dan diarahkan pada buku ini berpusat pada aktivitas peserta didik dan tidak lagi berpusat pada guru. Aktivitas peserta didik ya…
Ilmu ekonomi yang dipelajari khususnya di kelas XII yang berada pada satu fase dengan ekonomi kelas XI masih berpusat pada ekonomi makro, yaitu pada materi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, kegiatan ekonomi internasional, APBN, dan APBD juga materi akuntansi. Buku pelajaran ekonomi kelas XII menjadi salah satu alternatif sumber belajar bagi peserta didik. Dimana materi yang disajikan d…
Terdapat empat bab materi Pendidikan Pancasila yang disusun berdasarkan panduan penerapan dan pengembangan Kurikulum Merdeka. Penerapan khas dari Kurikulum Merdeka diawali dengan penyajian permasalahan kehidupan sehari-hari yang dipandu oleh pertanyaan pemantik setiap bab.
Buku Panduan Guru ini terdiri atas dua bagian. Pertama, Panduan Umum. Bagian ini memuat tujuan umum pembelajaran, capaian pembelajaran, hingga strategi pembelajaran. Kedua, Panduan Khusus. Bagian ini memuat petunjuk khusus penggunaan Buku Siswa per bab. Ada empat bab dalam Buku Siswa. Empat bab materi Pendidikan Pancasila tersebut disusun berdasarkan panduan penerapan dan pengembangan Kurikulum…
Buku Guru Ekonomi untuk Kelas XI menyajikan panduan dan juga rekomendasi pembelajaran ekonomi. Buku guru ini telah disesuaikan dengan materi dan lembar aktivitas yang tersedia pada buku siswa. Terdapat dua bagian dari buku guru yaitu bagian petunjuk umum dan petunjuk khusus. Petunjuk umum menyajikan capaian pembelajaran ekonomi yang harus dicapai oleh peserta didik, serta penjelasan bagian…
Pemberian materi dalam buku ini berfokus pada materi esensial dengan dilengkapi lembar aktivitas yang bervariasi, sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan kemampuan analisis peserta didik, serta melatih peserta didik untuk menginterpretasi data, dan pengambilan kesimpulan. Lembar aktivitas peserta didik disusun dengan memunculkan proil pelajar Pancasila di dalam aktivitasnya. Pem…
Buku Panduan Guru mata pelajaran sosiologi kelas XI menyajikan pedoman dan alternatif panduan pembelajaran di dalam kelas. Isi buku disesuaikan dengan materi dan aktivitas yang tercantum dalam Buku Siswa. Dengan demikian, terjadi kesinambungan antara Buku Panduan Guru dengan Buku Siswa yang dimiliki peserta didik. Penyajian Buku Panduan Guru dibagi menjadi dua bagian, yaitu panduan umum da…
Pelajaran sosiologi di Kelas XI lebih banyak membahas kondisi masyarakat, yaitu kelompok sosial dan dinamika di dalamnya. Pertama, kalian akan mempelajari ragam hingga dinamika kelompok sosial dalam masyarakat. Oleh karena itu, kalian perlu melakukan pengumpulan dan pengolahan informasi melalui berbagai sumber. Setelah memiliki penguasaan pengetahuan yang memadai, kalian akan mengkaji masa…
Buku ini merupakan ikhtiar untuk menerjemahkan Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila yang telah ditetapkan Kemendikbudristek ke dalam sejumlah aktivitas pembelajaran di kelas. Tidak hanya menyediakan bahan bacaan, buku ini juga menawarkan sejumlah aktivitas pembelajaran yang perlu dilakukan. Tentu saja, guru memiliki kewenangan dan kemerdekaan untuk mendayagunakan secara maksimal apa yang a…
Buku teks utama Pendidikan Pancasila ini menggunakan konsep “Tri Pusat Pendidikan” yang dicetuskan oleh Ki Hajar Dewantara untuk menyentuh seluruh warga sekolah, anggota keluarga di rumah, dan berbagai pemangku kepentingan (stakeholder) terkait di lingkungan masyarakat agar terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Buku ini mengandung pesan bahwa pembinaan ideologi Pancasila, khususnya b…
The articles assembled in this volume offer a fresh approach to analysing the problem of corruption in developing countries and the k means to tackle the phenomenon.
This book provides a multidisciplinary interrogation of the global anti-corruption campaigns of the last ten years, arguing that while some positive change is observable, the period is also replete with perverse consequences and unintended outcomes
Lords of Poverty is a case study in betrayals of a public trust. The shortcomings of aid are numerous, and serious enough to raise questions about the viability of the practice at its most fundamental levels. Hancocks report is thorough, deeply shocking, and certain to cause critical reevaluation of the governments motives in giving foreign aid, and of the true needs of our intended beneficiaries.